PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA (MBD) PROVINSI MALUKU

Authors

  • Hobarth Williams Soselisa

DOI:

https://doi.org/10.31595/peksos.v18i2.202

Abstract

Partisipasi memiliki kaitan erat dengan pembangunan, termasuk pembangunan pendidikan. Partisipasi masyarakat merupakan syarat penting bagi keberhasilan pembangunan itu sendiri. Begitu pula dengan partisipasi masyarakat Kecamatan Pulau pulau Terselatan dalam bidang pendidikan dasar yang dirasa perlu dioptimalkan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk, faktor-faktor partisipasi serta merumuskan model partisipasi masyarakat di bidang pendidikan dasar di kecamatan Pulau-pulau Terselatan. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, interview mendalam, FGD dan studi dokumentasi. Data dikumpulkan dari kalangan birokrat, anggota dewan, kepala sekolah dan guru, tokoh agama, tokoh adat, LSM, tokoh pendidikan dan orang tua murid. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dikategorikan menjadi dua, yaitu partisipasi fisik dan non-fisik. Partisipasi fisik meliputi partisipasi financial, iuran wajib sekolah, sumbangan sukarela, partisipasi pembangunan sarana dan prasarana sekolah, infrastruktur dan relawan mengajar. Partisipasi non-fisik berupa sumbangan pemikiran, keterlibatan dalam rapat internal dan penyampaian aspirasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dikategorikan meliputi faktor internal, faktor personal dan faktor eksternal. Faktor internal, meliputi faktor psikologis masyarakat, yaitu masyarakat yang menerima perubahan dan yang tertutup pada perubahan. Faktor personal meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Faktor eksternal meliputi peran pemerintah daerah, pengaruh LSM/ masyarakat dan sektor swasta. Nama model partisipasi yang diformulasikan adalah Tiga Batu Satu Tungku. Model ini menitikberatkan pada aktor-aktor yang terlibat dalam pembangunan pendidikan dasar. Ketiga aktor tersebut adalah pemerintah daerah – sektor swasta – masyarakat (level makro); tokoh adat – tokoh agama – tokoh pendidikan/guru (level meso); guru – murid – orang tua murid (level mikro).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-31

How to Cite

Soselisa, H. W. (2019). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA (MBD) PROVINSI MALUKU. Pekerjaan Sosial, 18(2). https://doi.org/10.31595/peksos.v18i2.202

Issue

Section

Peksos