IMPLEMENTASI SOCIAL SKILL TRAINING DALAMMENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK DIKELURAHAN PAJAJARAN KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG

Authors

  • Budi Surya Hadi Pratama
  • Meilani Dewi Setiamanah
  • Krisna Dewi Setianingsih

DOI:

https://doi.org/10.31595/peksos.v18i2.204

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan perilaku sosial anak sering terjadi di masyarakat, perilaku yang sering dilakukan adalah berkatakasar, menentang, menantang, mendorong, memukul dan menendang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Desain Subjek Tunggal. Model penelitian yang digunakan yaitu model ABA yang terdiri dari tiga fase antara lain (a) Fase A1 (baseline) (b) Fase B (intervensi), dan (c) Fase A2 (hasil). Instrumen yang digunakan adalah lembar pencatatan obervasi perilaku. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dari “AJ, HR dan MAA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa kuantitatif dengan menggunakan analisa visual. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa social skill training dapat mengatasi perilaku agresif terhadap salah satu subjek penelitian, dua subjek lainnya terlihat peningkatan kecenderungan perilaku agresif pada aspek berkatakasar dan menendang. Peneliti menyarankan sebagai bahan masukan untuk memperoleh hasil yang diinginkan, sebaiknya orangtua dan tenaga pengajar lebih banyak mengajarkan pendidikan pembentukan kepribadian anak serta mengajarkan kata-kata yang baik kepada anak untuk pembentukan perilaku yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-31

How to Cite

Pratama, B. S. H., Setiamanah, M. D., & Setianingsih, K. D. (2019). IMPLEMENTASI SOCIAL SKILL TRAINING DALAMMENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK DIKELURAHAN PAJAJARAN KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG. Pekerjaan Sosial, 18(2). https://doi.org/10.31595/peksos.v18i2.204

Issue

Section

Peksos