COPING STRATEGY KARYAWAN OUTSOURCING PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL BANDUNG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA

Authors

  • Fahmi Rizaldi
  • Aep Rusmana
  • Yudi Muryanto

DOI:

https://doi.org/10.31595/peksos.v19i1.236

Abstract

Tekanan yang dialami oleh karyawan outsourcing di tempat kerjanya maupun karena tuntutan dalam memenuhi kebutuhan keluarga Mengharuskan mereka untuk beradaptasi dengan menggunakan  memiliki coping strategy yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang coping strategy yang meliputi: karakteristik responden, keaktifan diri, perencanaan, kontrol diri, mencari dukungan emosional, mencari dukungan instrumental, penerimaan, serta religiusitas karyawan outsourcing dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang ditentukan melalui teknik sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: kuesioner, studi dokumentasi. Uji validitas alat ukur menggunakan validitas muka dan uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis menggunakan analisa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coping strategy karyawan outsourcing dalam memenuhi kebutuhan keluarga berada pada kategori tinggi dengan skor 7990. Masalah yang dirasakan karyawan outsourcing terutama dalam memperoleh dukungan informasi karena kurangnya ketersediaan informasi dari professional untuk membantu penyelesaian masalah dan kurangnya transparansi perusahaan penyedia jasa terhadap hak-hak karyawan yang seharusnya mereka dapatkan. Informasi tentang pelayanan yang dapat diakses oleh karyawan outsourcing untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan keluarga sangat dibutuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan program “Peningkatan Dukungan Informasi melalui Education Group di PT. Telekomunikasi Indonesia WITEL Bandung†dengan tujuan untuk memudahkan para karyawan dalam mendapatkan informasi melalui kelompok yang dipimpin oleh professional. Kelompok ini diharapkan dapat memfasilitasi karyawan outourcing untuk saling bertukar fikiran dan berbagi informasi serta pengalaman yang dapat membantu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Kata Kunci: Coping Strategy; Karyawan Outsourcing; Kebutuhan Keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-10-11

How to Cite

Rizaldi, F., Rusmana, A., & Muryanto, Y. (2020). COPING STRATEGY KARYAWAN OUTSOURCING PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL BANDUNG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA. Pekerjaan Sosial, 19(1). https://doi.org/10.31595/peksos.v19i1.236

Issue

Section

Peksos