MODEL OF HANDLING CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) IN PRANANDA AUTISM EDUCATION INSTITUTIONS, BANDUNG CITY

Authors

  • Puspitasari Nurul Darojati Prayoga
  • Muhammad Akbar

Keywords:

Model Penanganan; Penyandang Disabilitas; Autism Spectrum Disorder

Abstract

Anak dengan kedisabilitasan secara umum memiliki hak dan diberikan kesempatan yang sama dengan anak lainnya. Seperti memperoleh pendidikan biasa dan luar biasa. Tidak terkecuali dengan anak dengan Autism Spectrum Disorders (ASD) yang diberi perhatian khusus. Perhatian seperti pendidikan, pemberian terapi demi mendukung keberhasilan tumbuh kembangnya. Penelitian ini menggali tentang bagaimana Model Penanganan Anak Penyandang Gangguan Autism Spectrum Disorders (ASD) di Lembaga Pendidikan Autisma (LPA) Prananda Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan melakukan analisis terhadap penanganan pendidikan khusus, pemberian terapi, keberhasilan penanganan anak ASD, hambatan penanganan anak ASD, upaya Lembaga Pendidikan Autisma Prananda kepada orang tua demi efektifnya penanganan anak ASD dan harapan informan tehadap penanganan anak ASD di Lembaga Pendidikan Autisma Prananda Kota Bandung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, teknik observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik yang dikhususkan pada non-probability sampling ini yakni purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembaga Pendidikan Autisma Prananda Kota Bandung memberikan penanganan berupa pendidikan khusus dengan diselenggarkannya SLB Prananda yang menggunakan kurikulum 2013 dan terapi perilaku yang menggunakan Metode Applied Behavioral Analysis (ABA) yang dimodifikasi sedemikian rupa seseuai dengan kemampuan masing-masing anak. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya partisipasi orang tua dalam melakukan penanganan anak ASD di rumah sesuai tugas yang telah diberikan lembaga padahal waktu terbanyak anak adalah bersama orang tua di rumah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti merekomendasikan program meningkatan kapasitas LPA Prananda dalam penanganan anak ASD melalui Problem Solving and Decision Making Group (Pembentukan kelompok Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga dalam penanganan anak ASD di LPA Prananda Kota Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Australian Association of Social Workers National. (2016). Scope of Social Work Practice Social Work In Disability.Melbourne.

D.Saragi.(1996). Berkenalan dengan Anak Autisme dan Penanganannya. Jakarta:Penataran.

Dwi Heru Sukoco. (1991). Profesi Pekerjaan Sosial dan Proses Pertolongannya. Bandung:Koperasi Mahasiswa STKS.

Fuad Nashari.(1997). Psikologi Islam Agenda Menuju Aksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Galih A. Veskarisyanti. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif Dan Hemat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Geniofam.(2010).Mengasuh & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:Garailmu.

Kadushin, Alfred.(1974).Child Welfare Service.London:Macmilan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online.

Kartini Kartono.1989. Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung:Mandar Maju.

Mather, Jannah H dan Grafton H.Hull.(2008).Manajemen Kasus dan Kesejahteraan Anak. Terjemahan Juda Damanik dan Cynthia Pattiasina. Jakarta:Gunung Mulia.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mirza Maulana. (2007). Anak Autis, Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas Dan Sehat. Yogyakarta: Katahati

Munal Hani’ah.(2015). Kisah Inspiratif Anak-Anak Autis Berprestasi.Yogyakarta: Diva Press.

Nancy Body Webb.(2009).Praktek Pekerjaan Sosial dengan Anak. Edisi Kedua.Jakarta:Pustaka Socueta.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 08 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendataan dan Pengolahan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial.

Pincus, Allen dan Minahan.(1973).Social Work Practice : Model And Method. Madison: F.E.Peacock publishers,Inc.

Singgih D. Gunarso.(2000). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Soetarso.(1999).Praktik Pekerjaan Sosial.Bandung : Kopma STKS Bandung.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011Tentang Pengesahan Convention onThe Rights of Persons with Disabilities.

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Undang-

Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Published

2022-07-01

How to Cite

Puspitasari Nurul Darojati Prayoga, & Muhammad Akbar. (2022). MODEL OF HANDLING CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) IN PRANANDA AUTISM EDUCATION INSTITUTIONS, BANDUNG CITY. Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 21(1). Retrieved from https://jurnal.poltekesos.ac.id/index.php/peksos/article/view/532

Issue

Section

Peksos