KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMA NEGERI 113 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31595/peksos.v21i1.534Keywords:
Kejenuhan Belajar, Siswa, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui gambaran secara empiris tentang kejenuhan belajar siswa kelas XI terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei deskriptif. Penelitian ini mengambil kelas XI sebagai populasi penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 360 siswa. Sebanyak 10% dari jumlah populasi ditentukan sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel proporsional acak untuk mendapatkan sampel berdasarkan banyaknya anggota dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi dokumentasi, dan wawancara. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah alat ukur skala Academic Burnout yang mengadaptasi dari Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Penilaian pada alat ukur skala Academic Burnout telah dikonversikan ke dalam skala Likert. Pengujian validitas alat ukur menggunakan validitas muka (Face Validity) dengan cara mengkonsultasikan kebenarannya kepada Dosen Pembimbing. Uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach yang digunakan untuk menguji tingkat reliabilitas ukuran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dalam bentuk tabel dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas XI mulai mengalami gejala-gejala kejenuhan belajar selama penerapan pembelajaran daring, dengan rincian skor aspek Exhaustion sebesar 895, skor Aspek Cynicism berjumlah 721, serta skor Aspek Reduced Academic Efficacy sebesar 770 dan masing-masing skor kejenuhan belajar berada pada kategori sedang (721 - 1.080). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peneliti memberikan rekomendasi alternatif program yaitu Program RITME (daRIng iTu MEnyenangkan) yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar yang dirasakan siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Kegiatan yang dilakukan adalah Sharing and Support secara Daring dan Permainan yang dimainkan secara Daring dengan nama “TTS” (Teka- Teki Senang).Downloads
References
Ali, M. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto, S. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bahrer-Kohler, S. 2012. Burnout for Expect: Prevention In The Context of Living and Working. London: Springer Science & Business Media
Budi, Padjar Setyo. dkk. 2019. Media Pembelajaran E-Learning dengan Metode Parsing untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah berbasis Web. Jurnal Vol. 14, No. 2, Oktober 2019
Dimyati dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Efendi Pohan, Albert. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Puwodadi: CV Sarnu Untung
Effendi, Yusuf. Pekerja Sosial dan Pandemi Covid-19: Suatu Tujuan Praktis Peran Pekerja Sosial. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Garvin. 2011. Group Work. Bandung: STKS Bandung
Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food, Agriculture and Cunsomer Protection
Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif.
Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan.
Jakarta: PT Rajawali Pers Herliandry, Devi Luh. dkk. 2020.
Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020
Ilham Mubarok, Mukhamad. 2018. Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Skripsi. Yogyakarta
Kusnita, Nurma. 2018. Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung
Koswara, Herry. dkk. 2013. Garvin tentang Group Work. Bandung: STKS Bandung
Maharani, Dea Mukti. 2019. Hubungan antara Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.
Semarang
Maisyarah dan Azzahra. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Pontianak. Pontianak
Mila. 2018. Pengembangan Media Multi Representasi Berbasis Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Materi Suhu dan Kalori. Skripsi. Lampung
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta
Nazir, M. 2014. Metode Penelitian (Research Method). Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktavian dan Riantina. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jakarta: Vol. 20, No. 2: 1-7
Paula Allen-Meares. 2007. Social Work Service in School. Social Science
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung
Sanjaya, Ridwan. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata
Schaufeli, W.B. & Hu, Q. 2009. The Factorial Validity of The Maslach Burnout Inventory-Student Survei in China.
Psychological Reports. 105, 394-408. DOI:
2466
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Sukoco, Dwi Heru. 1998. Profesi Pekerjaan Sosial dan Proses Pertolongannya.
Bandung: Alfabeta Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The parents stress level in facing children study from home in the early of covid-19 pandemic in Indonesia. International journal of science and society, 2(3), 1-12.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020.
Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Madura: Universitas Trunojoyo. Vol. 5, No. 1:1-4
Werner, D. 2015. Are school social workers prepared for a major school crisis?
Indicators of individual and school environment preparedness. Children & Schools, 37(1), 28-35
Widakdo dan Kifah. 2020. Dampak Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Komisi Pendidikan PPI Dunia No. 3 / 2020
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020
/03/kemendikbud-imbau-pendidik- hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi- daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alfitria Digita, Pribowo, Rini Hartini Rinda A.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) who published in this journal agree to following terms:
- Author(s) must understand and agree that the copyright script in published owned by the Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial. The copyright includes reproducing and selling the manuscript to all parties.
- Everyone can cite every manuscript published in Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial for educational purposes, with the author's name and the Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial on reference.