KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMA NEGERI 113 JAKARTA

Authors

  • Alfitria Digita
  • Pribowo
  • Rini Hartini Rinda A.

DOI:

https://doi.org/10.31595/peksos.v21i1.534

Keywords:

Kejenuhan Belajar, Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui gambaran secara empiris tentang kejenuhan belajar siswa kelas XI terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei deskriptif. Penelitian ini mengambil kelas XI sebagai populasi penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 360 siswa. Sebanyak 10% dari jumlah populasi ditentukan sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel proporsional acak untuk mendapatkan sampel berdasarkan banyaknya anggota dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi dokumentasi, dan wawancara. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah alat ukur skala Academic Burnout yang mengadaptasi dari Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Penilaian pada alat ukur skala Academic Burnout telah dikonversikan ke dalam skala Likert. Pengujian validitas alat ukur menggunakan validitas muka (Face Validity) dengan cara mengkonsultasikan kebenarannya kepada Dosen Pembimbing. Uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach yang digunakan untuk menguji tingkat reliabilitas ukuran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dalam bentuk tabel dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas XI mulai mengalami gejala-gejala kejenuhan belajar selama penerapan pembelajaran daring, dengan rincian skor aspek Exhaustion sebesar 895, skor Aspek Cynicism berjumlah 721, serta skor Aspek Reduced Academic Efficacy sebesar 770 dan masing-masing skor kejenuhan belajar berada pada kategori sedang (721 - 1.080). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peneliti memberikan rekomendasi alternatif program yaitu Program RITME (daRIng iTu MEnyenangkan) yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar yang dirasakan siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Kegiatan yang dilakukan adalah Sharing and Support secara Daring dan Permainan yang dimainkan secara Daring dengan nama “TTS” (Teka- Teki Senang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arikunto, S. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahrer-Kohler, S. 2012. Burnout for Expect: Prevention In The Context of Living and Working. London: Springer Science & Business Media

Budi, Padjar Setyo. dkk. 2019. Media Pembelajaran E-Learning dengan Metode Parsing untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah berbasis Web. Jurnal Vol. 14, No. 2, Oktober 2019

Dimyati dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Efendi Pohan, Albert. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Puwodadi: CV Sarnu Untung

Effendi, Yusuf. Pekerja Sosial dan Pandemi Covid-19: Suatu Tujuan Praktis Peran Pekerja Sosial. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Garvin. 2011. Group Work. Bandung: STKS Bandung

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food, Agriculture and Cunsomer Protection

Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif.

Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan.

Jakarta: PT Rajawali Pers Herliandry, Devi Luh. dkk. 2020.

Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-

Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020

Ilham Mubarok, Mukhamad. 2018. Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Skripsi. Yogyakarta

Kusnita, Nurma. 2018. Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung

Koswara, Herry. dkk. 2013. Garvin tentang Group Work. Bandung: STKS Bandung

Maharani, Dea Mukti. 2019. Hubungan antara Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.

Semarang

Maisyarah dan Azzahra. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Pontianak. Pontianak

Mila. 2018. Pengembangan Media Multi Representasi Berbasis Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Materi Suhu dan Kalori. Skripsi. Lampung

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian (Research Method). Bogor: Ghalia Indonesia.

Oktavian dan Riantina. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jakarta: Vol. 20, No. 2: 1-7

Paula Allen-Meares. 2007. Social Work Service in School. Social Science

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung

Sanjaya, Ridwan. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata

Schaufeli, W.B. & Hu, Q. 2009. The Factorial Validity of The Maslach Burnout Inventory-Student Survei in China.

Psychological Reports. 105, 394-408. DOI:

2466

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Sukoco, Dwi Heru. 1998. Profesi Pekerjaan Sosial dan Proses Pertolongannya.

Bandung: Alfabeta Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The parents stress level in facing children study from home in the early of covid-19 pandemic in Indonesia. International journal of science and society, 2(3), 1-12.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020.

Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Madura: Universitas Trunojoyo. Vol. 5, No. 1:1-4

Werner, D. 2015. Are school social workers prepared for a major school crisis?

Indicators of individual and school environment preparedness. Children & Schools, 37(1), 28-35

Widakdo dan Kifah. 2020. Dampak Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Komisi Pendidikan PPI Dunia No. 3 / 2020

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020

/03/kemendikbud-imbau-pendidik- hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi- daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah

Published

2022-07-01

How to Cite

Alfitria Digita, Pribowo, & Rini Hartini Rinda A. (2022). KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMA NEGERI 113 JAKARTA. Pekerjaan Sosial, 21(1). https://doi.org/10.31595/peksos.v21i1.534

Issue

Section

Peksos