96 KONTRIBUSI BENTUK DUKUNGAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG DISABILITAS DI PRSPD
DOI:
https://doi.org/10.31595/peksos.v21i1.538Keywords:
Dukungan sosial, Kepercayaan diri, Penyandang DisabilitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi dari bentuk-bentuk dukungan sosial pekerja sosial yaitu dukungan emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi terhadap kepercayaan diri pada penyandang disabilitas di Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD), serta untuk mengetahui bentuk dukungan mana yang paling berkontribusi dalam memprediksi kepercayaan diri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Alat ukur dukungan sosial yang digunakan disusun berdasarkan bentuk dukungan sosial dari House, dan alat ukur kepercayaan diri berdasarkan aspek kepercayaan diri dari Lauster. Nilai reliabilitas alat ukur dukungan social sebesar 0,940 serta koefisien standarsized loading factor (SLF) 0,621-0,798, sedangkan nilai reliabilitas alat ukur kepercayaan diri sebesar 0,947 serta koefisien standarsized loading factor (SLF) 0,617-0,932. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan bentuk-bentuk dukungan sosial memiliki kontribusi terhadap kepercayaan diri sebesar 84,9%. Bentuk dukungan emosional berkontribusi sebesar 38%, dukungan penghargaan berkontribusi sebesar 41,1%, dukungan instrumental berkontribusi sebesar 51,5%, dan dukungan informasi berkontribusi sebesar 38,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pekerja sosial hendaknya mengoptimalkan dukungan sosial terutama dukungan secara instrumental kepada klien disabilitas untuk dapat mendorong kepercayaan diri klien.Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, panjang abstrak berkisar antara 150 - 250 kata dalam satu paragraf, huruf Times New Roman 11.Downloads
References
Ainun, N. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Skripsi Bimbingan dan Konseling , 44-49.
Alfiati, Y. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Penggunaan Bahasa Billingual pada Santri Islamic Boarding School Of Al Multazam Mojokerto. Skripsi.
BAPPEDA Povinsi Jawa Barat. (t.thn.). Dipetik 09 15, 2019, dari http://www.bappeda.jabarprov.go.id
Dewi, J. (2018). Kontribusi Bentuk-Bentuk Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi (Siswa Kelas CI Akselerasi Di SMPN 1 Baleendah). Skripsi, (hal. 1-110). Cimahi.
Evitasari, T. S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA Inklusi. Skripsi Psikologi, 4-9.
Fa'Izatul, M. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU TUBAN. Skripsi Psikologi, 10-19.
Freeman, P., & Rees, T. (2010). Perceived social support from team-mates: Direct and stress-buffering. European Journal of Sport Science, 59-67.
Ghufron, M. N., & S, R. R. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruz media.
Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Learners (Tenth Edition). United States of America: Electronic Composition : Publishers design and Production Services,.inc.
Hidayat, A. (2014). Dipetik 03 30, 2014, dari Penjelasan Analisis Faktor – PCA dan CFA: https://www.statistikian.com
Indarwati. (2014). Peranan Pekerja Sosial Dalam Meningkatkankesejahteraan Sosial Lanjut Usia (Lansia) Di Unit Rehabilitasi Sosial Purbo Yuwono Brebes. Skripsi Pendidikan Luar Sekolah, 14-19.
Info data penyandang disabilitas. (t.thn.). Dipetik 09 15, 2019, dari http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-disabilitas.pdf
Jarmitia, S., Sulistyani, A., Yulandari, N., Tatar, F. M., & Santoso, H. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri Pada Penyandan Disabilitas Fisik di SLB Kota Banda Aceh . Jurnal Psikoislamedia, 61-69.
Lubis, B. S. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi dalam Menyelesaikan Skripsi di Universitas Medan Area. Skripsi Psikologi, 30-34.
Meehan, M. P., Durlack, J. A., & Bryant, F. B. (1993). The Relationship of Social Support to Perceived Control. Journal of Community Psychology, 49-55.
Rees, T., & Freeman, P. (2007). The effects of perceived and received support on self-confidence. Journal of Sports Sciences, 1057 – 1065.
Rinn, A. N., Reynolds, M. J., & McQueen, K. S. (2011 ). Perceived Social Support and the self concepts of Gifted Adolescents. Journal for the education of the Gifted, 34: 367.
Riswati, R. B. (2013). Hubungan Self Regulated Learning dengan Kepercayaan Diri Siswa Menjelang SBMPTN di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cabang Gayungsari Barat Surabaya. Skripsi.
Riyadhi, M. (2018). Dipetik 09 15, 2019, dari Pengertian Hak dan Jenis Penyandang Disabilitas: http://www.kajianpustaka.com
Sakti, G. F., & Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Atlet Cabang Olahraga Taekwondo Dalam Berprestasi . Jurnal Psikologi, 26-33.
Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology: Biopsychosocial interaction. New York: John Willey & Sons.
Sholeh, A. (2014). Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Islam, 4-6.
Silalahi, U. (2013). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.
Song, Lijun, Joonmo Son and Nan Lin. (2011). Social Support. research gate, 4-6.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vaux, A. (1988). Social Support : Theory, Research, and Intervention. USA: Praeger Publishers.
Weber, B. A., Roberts, B. L., Yarandi, H., Mills, T. L., Chumbler, N. R., & Wajsman, Z. (2007). The Impact of Dyadic Social Support on self efficacy and depression after radical prostatectomy. Journal of Aging and Health, 630-645.
Yanuaristi, R., Ervina, I., & Rahmawati, E. I. (t.thn.). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kepercayaan Diri pada Anak Tuna Daksa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jember. 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agustin Sulistio Rini, Chandra Yudistira Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) who published in this journal agree to following terms:
- Author(s) must understand and agree that the copyright script in published owned by the Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial. The copyright includes reproducing and selling the manuscript to all parties.
- Everyone can cite every manuscript published in Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial for educational purposes, with the author's name and the Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial on reference.