PELAYANAN KEMANUSIAAN MELALUI PROGRAM HOME (HUG, OPPURTUNITY, MENTALITHY, EDUCATION) CHILDREN LEARNING CENTER DALAM PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT

Authors

  • fairuz pavita

DOI:

https://doi.org/10.31595/biyan.v6i1.1261

Keywords:

Kata Kunci: Pelayanan Kemanusiaan, Hak Pendidikan Anak,

Abstract

Abstrak Studi ini bertujuan untuk menggambarkan pelayanan kemanusiaan  dalam pemenuhan hak pendidikan anak melalui program pendidikan nonformal. Program pendidikan ini dirancang untuk memastikan hak-hak dasar anak, seperti hak non-diskriminasi, hak hidup, hak berpartisipasi, hak menyatakan pendapat, hak perlindungan, hak bermain terpenuhi melalui program pendidikan yang telah ditetapkan dan di dukung oleh faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam pemberian pelayanan terhadap pemenuhan hak pendidikan anak serta implikasi teoretis dan praktis terhadap pengembangan ilmu kesejahteraan sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan dipilih menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, dengan total 7 informan, terdiri dari 4 pengurus lembaga (kabid program, penanggung jawab program, tenaga pendidik) sebagai informan kunci dan 3 anak penerima manfaat sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang mendukung implementasi pelayanan kemanusiaan telah berjalan optimal. Pelaksanaan program pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan rutin maupun kegiatan outing class, serta prinsip hak anak menunjukkan pengaruh yang baik terhadap perkembangan akademik dan non-akademik, didukung oleh faktor-faktor pendorong anak.   KEYWORDS: Hak Pendidikan Anak, pelayanan kemanusiaan, pendidikan nonformal, kesejahteraan sosial  

References

DAFTAR PUSTAKA

Amal, I., Azahriana, S., & Safira Yasmin, T. (2022). Kegiatan Relawan Dompet Dhuafa Dalam Memberikan Pelayanan Pada Fakir Miskin Dan Lansia. KAIS Kajian Ilmu Sosial, 3(1), 37–48. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/kai/

Ariany, F., Ningsih, M., Garnika, E., Mandalika, U. P., & A, J. P. N. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan Dasar Berdasarkan Perspektif Hukum Fulfillment of Children ’ s Rights to Basic Education Based on Legal Perspective. 4(1), 175–180.

Hapsari, S., Setiawati, N. A., Syifa, N., & Munir, A. (2022). Upaya Pemerataan Pendidikan Bagi Anak Yatim dan Dhuafa di SMA Terbuka. Sosio E-Kons, 14(3), 309. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.15048

Ibda, H. (2018). Program Kesejahteraan Sosial melalui Santunan Pendidikan untuk Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin di SMK JAPA Pati Social Welfare Program through Education Compensation for Orphans and The Needy in JAPA Vocational High School Pati. Jurnal PKS, 17(3), 1–12.

Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943

Karim Amrullah, A. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 5 Brebes. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 319–336. https://doi.org/10.58344/locus.v2i4.1001

Lenny, L., Janah, R., Kaeksi, Y. T., & Watini, S. (2023). Peran Panti Asuhan Al Aisyah Depok dalam Pemenuhan Hak Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8753–8761. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3143

Nasution, H. (2012). PEMENUHAN HAK-HAK. 8, 69–94.

Nurrohmah, L., Supriyadi, A., & Habib, M. A. F. (2022). Upaya Lembaga Zakat Yatim Mandiri Tulungagung dalam Meningkatkan Kualitas Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Pendidikan Sanggar Genius. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(2), 87–101. https://doi.org/10.15642/mzw.2022.3.2.87-101

Nurusshobah, S. F. (2019). Konvensi Hak Anak Dan Implementasinya Di Indonesia. BIYAN: Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 1(2), 125.

Octavianti, F. S. (2023). Implementasi Konvensi Hak Anak Di Kota Jakarta Utara (Studi Kasus: Pemenuhan Hak Asasi Manusia Perspektif Pendidikan Bagi Pelajar SMA). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 30–37. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1476

Phillo, C., Arteja, H., & RizqI, M. F. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Anak Atas Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Law Review, 20(3), 323–341. https://ojs.uph.edu/index.php/LR/article/download/2735/pdf

Rahayu, A. P., & Marini, M. (2022). Pendampingan Pendidikan Bagi Anak Jalanan dan Dhuafa Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Setiap Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 320. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.13320

Setiyawati, E., Raharjo, S. T., & Ferdryansyah, M. (2015). Pelayanan Sosial Di Bidang Pendidikan pada Faith Based Organization (Studi Di Rumah Yatim At-Tamim Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Share : Social Work Journal, 5(1). https://doi.org/10.24198/share.v5i1.13087

Sofyan, A. M., & Tenripadang, A. (2017). Ketentuan Hukum Perlindungan Hak Anak Jalanan Bidang Pendidikan. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 15(2), 229–246. https://doi.org/10.35905/diktum.v15i2.438

Sugianto, E. (2022). Potret Pengembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Kaum Dhuafa Di Muhammadiyah. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(1), 16. https://doi.org/10.24853/ma.5.1.16-52

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Wardiyah, J. (2022). Peranan Intelegensi dan Bakat dalam Pembelajaran. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 5(1), 38–59. https://doi.org/10.47006/er.v5i1.1291

Widari, T. M. (2012). Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan Anak. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, 8(15). https://doi.org/10.30996/dih.v8i15.261

Buku

Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. AR-RUZZ MEDIA.

Dr. Taufiqurokhman, A. S. (2022). PEKERJAAN SOSIAL DI INDONESIA: SUATU PENGANTAR UMUM.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global.

Prof Adi Fahrudin, P. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugeng Pujileksono, M. W. (2019). Implementasi Teori, Teknik, dan Prinsip Pekerjaan Sosial. Intrans Publishing.

WIBHAWA, B. (2015). PENGANTAR PEKERJAAN SOSIAL . Jatinangor.

Published

2024-07-26

How to Cite

pavita, fairuz. (2024). PELAYANAN KEMANUSIAAN MELALUI PROGRAM HOME (HUG, OPPURTUNITY, MENTALITHY, EDUCATION) CHILDREN LEARNING CENTER DALAM PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 6(1). https://doi.org/10.31595/biyan.v6i1.1261

Issue

Section

Article