The PENGARUH TERAPI ASSERTIVE TRAINING DAN TERAPI KELUARGA STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM KEPADA ORANG TUA ASUH DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA

Authors

  • Sitti Alawiyah Sabaruddin a:1:{s:5:"id_ID";s:39:"Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung";}
  • Admiral Nelson Aritonang
  • Jumayar Marbun

DOI:

https://doi.org/10.31595/biyan.v6i2.1290

Keywords:

Assertive training therapy, Strategic Family Therapy, Self-Disclosure,Children in Conflict with the Law (ABH).

Abstract

Keterbukaan diri Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) bukan hanya dipengaruhi oleh faktor internal subjek namun juga dipengaruhi oleh lingkungan. Keterbukaan diri Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Handayani termasuk dalam kategori sedang yang mana mereka hanya terbuka dengan pekerja sosial dan anak lainnya, sehingga diperlukan penerapan penggabungan antara terapi assertive training dan terapi keluarga strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri subjek sebelum, selama dan setelah implementasi terapi serta mengetahui pengaruh implementasi terapi assertive training dan terapi keluarga strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen atau Single Subject Design (SSD) model A-B-A. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengisian kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Melalui asesmen dan pre-test diketahui bahwa ketiga subjek memiliki tingkat keterbukaan diri sedang. Hasil penelitian penunjukkan adanya perubahan pada tingkat keterbukaan diri Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) kepada orang tua asuh hal tersebut terlihat dari subjek yang mulai sering mengajak berbicara dan bercerita, dapat memilih waktu yang tepat untuk berbicara, banyaknya informasi yang diberikan serta menceritakan masalahnya kepada orang tua asuh.  

References

Agustin, I. M. (2014). Pengaruh Terapi Assertive Training Terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif Mahasiswa Praktek Klinik Keperawatan Kepada Perawat Ruang Rawat Inap RSUD Kabupaten Kebumen.

Arda, J. C. D., & Nofha, R. (2022). Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Hubungan Relasional Antar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. 10(1), 135–148.

Arumsari, C. (2017). Strategi Konseling Latihan Asertif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 1(1), 31–39. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Dahlan, N., & Erwan. (2018). Penerapan Assertive Training Untuk Meningkatkan Keterbukaandiri (Self Disclosure) Korban Perilaku Bullying Verbal Siswa Di SMA Negeri 16 Makassar. 2013, 129–135.

Dewi, H. P., & Wagino. (2015). Studi Deskriptif Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Anak Tunarungu Di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/10075/9861

Enika, I. Y. (2021). Peran Orang Tua Asuh dalam Membina Disiplin dan Moral Anak di Panti Asuhan. Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1).

Fayaretharatri, A., & Hasfi, N. (2018). Studi Fenomenologi Online Self Disclosure Melalui Instragram Story. Interaksi Online, 7 (1), 56–67.

Fidyanti Devi, D. (2016). Mengatasi Masalah Komunikasi Dalam Keluarga Melalui Strategic Family Therapy Overcoming Communication Problem in the Family With Strategic Family Therapy. Intervensi Psikologi, 8(2), 234–249.

Ganti, M. (2012). Peran Pekerja Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia Dalam Penerapan Restorative Justice Bagi Anak Berhadapan Dengan Hukum Yang Dirujuk Ke Panti Sosial ( Studi di Panti Sosial Marsudi Putra Handayani Jakarta Timur ) TESIS.

Hasan, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mmempengaruhi Kenakalan Remaja Di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri. Jom Fisip, 6, 1–13.

Islamiyah, M. N. (2014). Strategic Family Therapy untuk meningkatkan komunikasi dalam keluarga. PROCEDIA Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 2, 2–5.

Kurniawati, A. B. (2011). Hubungan Kondisi Keaksaraan Keluarga dan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Membaca Pernulaan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 1–16. https://www.neliti.com/publications/118155/hubungan-kondisi-keaksaraan-keluarga-dan-motivasi-membaca-dengan-kemampuan-memba

Mahfudin, B., & Saragih, R. B. (2020). Pengaruh Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.1.18-27

Marwa, M. (2019). Strategic Family Therapy Untuk Mengubah Pola Komunikasi Pada Keluarga. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 25. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.893

Miranti, Y. S., & Nisai, H. (2023). Peran Pekerja Sosial Dalam Menunjang Kesehatan Masyarakat Sebagai Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas, 5 (1).

Nora, R., & Marizki Putri. (2022). Efektifitas Terapi Assertive Training Terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif Dan Self Esteem Pada Remaja Dengan Perilaku Agresif. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 11(2), 158–164. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2272

Pinontoan, Mario, P., & Amalia, C. S. D. (2023). Peran Orang Tua Asuh Dalam Merubah Perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum di Sentra Handayani Jakarta.

Ramadhini, P. S., & Santoso, M. B. (2019). Assertveness Training Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Narapidana Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 169. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i2.21905

Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure Dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, Dan Kasih Sayang. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(6), 265. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128

Suharto, F. A., Wibhawa, B., & Hidayat, E. N. (2015). Interaksi Di Dalam Keluarga Dengan Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Panti Sosial Masurdi Putra Bambu Apus Jakarta. Share Social Work Jurnal, 5 (1).

Utami, W. (2017). Strategic Family Therapy untuk Memperbaiki Komunikasi dalam Keluarga di Nganjuk. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 140–153. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.426

Yunita, S. A., Mei, R., & Malau, U. (2023). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Remaja Dewasa Perempuan Terhadap Lawan Jenis. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sabaruddin, S. A., Aritonang, A. N., & Marbun, J. (2024). The PENGARUH TERAPI ASSERTIVE TRAINING DAN TERAPI KELUARGA STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM KEPADA ORANG TUA ASUH DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 6(2). https://doi.org/10.31595/biyan.v6i2.1290

Issue

Section

Article