PENGEMBANGAN KAPASITAS SEKOLAH PEREMPUAN HEBAT (SPH) DALAM PENANGANAN MASALAH PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE)

Authors

  • Desi Mualimah
  • Dwi Heru Sukoco
  • Bambang Rustanto

DOI:

https://doi.org/10.31595/biyan.v2i2.318

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Kapasitas Sekolah Perempuan Hebat (SPH)
dalam Upaya Penanganan Masalah Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) yang mencakup aspek
pengetahuan, kepemimpinan, jaringan, kemampuan komunitas dan dukungan informasi. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research). Sumber data adalah sumber data primer dan
sekunder. Sumber data primer adalah Pengurus Sekolah Perempuan Hebat (SPH). Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi dan focus group disscussion.
Uji validitas data yang digunakan adalah uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yaitu meningkatnya
kapasitas Sekolah Perempuan Hebat (SPH) baik dari aspek pengetahuan, kepemimpinan, jaringan, kemampuan
komunitas, dan dukungan informasi dalam penanganan masalah Perempuan Rawan Sosial Ekonomi.

Published

2020-12-30

How to Cite

Desi Mualimah, Dwi Heru Sukoco, & Bambang Rustanto. (2020). PENGEMBANGAN KAPASITAS SEKOLAH PEREMPUAN HEBAT (SPH) DALAM PENANGANAN MASALAH PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE) . Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 2(2). https://doi.org/10.31595/biyan.v2i2.318

Issue

Section

Article