PERAWATAN BERBASIS KOMUNITAS: MENJAJAKI DUKUNGAN SOSIAL, EKONOMI, DAN KESEHATAN BAGI LANSIA DI DESA KERTAHARJA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sulistyary Ardiyantika Sulistyary Ardiyantika Poltekesos Bandung
  • Dyah Asri Gita Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.31595/biyan.v5i1.863

Abstract

Abstrak Di tengah kemunculan Pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret tahun 2020, lansia menjadi salah satu kelompok yang memiliki kerentanan mengalami situasi krisis. Berbagai strategi digunakan untuk tetap menjaga stabilitas kehidupan lansia seperti yang dilakukan di desa Kertaharja, Sumedang. Dari hasil penelitian Kualitatif yang dilakukan menggunakan Teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan diskusi terfokus, diperoleh bahwa lansia di Desa Kertaharja mendapat perlindungan di bidang Sosial, ekonomi dan Kesehatan. Setelah dianalisis secara kualitatif diperoleh bahwa Perlindungan sosial sosial yang dilakukan berupa Pengajian rutinan setiap minggu di masjid dan Jumat berkah (Pembagian makanan kepada para lansia setiap hari Jumat. Di bidang Ekonomi berupa pemberian uang per 3 bulan sekali, pemberian beras dan di bidang kesehatan berupa pemberian vaksin covid gratis, senam lansia dan pemeriksaan kesehatan rutin setiap hari sabtu.   Kata Kunci : Perlindungan Lansia, Pandemi Covid-19, Peningkatan Kesejahteraan  

References

Eka Afrina Djamhari, H. (2020). KONDISI KESEJAHTERAAN LANSIA DAN PERLINDUNGAN SOSIAL LANSIA DI INDONESIA (2020th ed.).

Elizabeh B.Hurlock, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, ed.5, (Jakarta:Erlangga, 2015).Hlm. 380.

Indonesia, R. (1998). UU No.13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia.

Kementerian Sosial RI. (2018). PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2018 TENTANG STANDAR NASIONAL REHABILITASI SOSIAL LANJUT USIA.

Kidd, S., Gelders, B., Rahayu, S. K., Larasati, D., Huda, K., & Siyaranamual, M. (2017). Social protection for elderly people in Indonesia. 2–5.

(https://indonesia.go.id/kategori/editorial/2804/kebut-target-vaksinasi-lansia).

(https://www.bps.go.id)

Published

2023-07-01

Issue

Section

Article