POLA ASUH TERHADAP ANAK DISABILITAS PADA MASA PANDEMI DI SLB NEGERI SUKADANA KALIMANTAN BARAT

Isi Artikel Utama

Furi Novita
Dwi Yuliani

Abstrak

Pola asuh orangtua terhadap anak intelektual sangat diperlukan terutama pada kondisi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mendalam tentang :1) karakteristik orangtua dan anak intelektual, 2) pengawasan orangtua terhadap anak intelektual, 3) komunikasi orangtua terhadap anak intelektual, 4) disiplin orangtua terhadap anak intelektual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu :1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) studi dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu orangtua dari anak intelektual dan sumber data sekunder berupa dokumentasi atau informasi lainnya. Hasil penelitian ini mengangkat 5 masalah yang ditemukan di lapangan yaitu pergaulan anak pada masa pandemi covid-19, perilaku anak bermain gadget pada masa pandemi covid-19, menjaga protokol kesehatan, sistem Belajar di Rumah pada masa pandemi covid-19, dan perilaku maladaptive anak disabilitas intelektual. Temuan dari penelitian ini adalah pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua masih kurang maksimal terutama dalam berkomunikasi dan mendisiplinkan anak intelektual. Orangtua mengalami hambatan dalam berkomunikasi bersama dengan anak intelektual dikarenakan kondisi intelegensi yang menyebabkan anak susah untuk berinteraksi baik itu mengucapkan kata, mengenal kosa kata dan mengingat sesuatu. Pada aspek disiplin orangtua tidak menerapkan disiplin terhadap anak intelektual baik itu disiplin waktu dalam melakukan aktivitas maupun mendisiplinkan anak untuk menaati protokol kesehatan.

Rincian Artikel