PENGARUH ATTACHMENT BASED FAMILY THERAPY (ABFT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PESERTA ULIN DIAJAR BABARENGAN (UDIBA) DI DESA LEMBANG KEC. LEMBANG KAB. BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31595/biyan.v2i1.246Abstract
Salah satu masalah sosial yang banyak menjadi perbincangan di Indonesia adalah masalah anak putus sekolah. Hal ini dikarenakan banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya sebagai anak, yaitu hak untuk mendapatkan kasih sayang, hak bermain, hingga hak untuk mendapatkan pendidikan formal, namun sayangnya banyak orangtua yang tidak memenuhi hak anak tersebut, terutama hak untuk mendapatkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh terapi Attachment Based Family Therapy (ABFT) yang berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah anak putus sekolah yang mengikuti kegiatan Ulin Diajar Babarengan (UDIBA) yaitu subyek ER dan DA. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar yang dipengaruhi oleh attachment orang tua. Aspek dalam motivasi belajar yaitu frequensi kehadiran dan intensitas mengerjakan tugas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Single Subjek Desain (SSD). Model penelitian yang digunakan yaitu A-B-A yang terjadi dari tiga fase anatara lain Fase A1 (baseline), Fase b (Intervensi), dan fase A2 (hasil). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengisian angket atau questioner, wawancara tidak terstruktur dan, studi dokumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara perhitungan rumus dua standar deviasi (2SD) dan analisis kecenderungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Attachment Based Family Theapy (ABFT) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar subyek ER dan DA. Jumlah frequensi kehadiran di UDIBA dan intensitas mengerjakan tugas menunjukkan adanya peningkatan. Hasil pengujian melalui dua standar deviasi (2SD) menunjukkan Perbandingan yang signifikanterhadap peningkatan motivasi belajar, kemudian analisis kecenderungan data menunjukkan adanya trend meningkat. Kata Kunci : Attachment Based Family Therapy (ABFT);Motivasi Belajar; Anak Putus Sekolah.Downloads
Published
2020-06-29
How to Cite
Bagaskoro, B. (2020). PENGARUH ATTACHMENT BASED FAMILY THERAPY (ABFT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PESERTA ULIN DIAJAR BABARENGAN (UDIBA) DI DESA LEMBANG KEC. LEMBANG KAB. BANDUNG BARAT. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.31595/biyan.v2i1.246
Issue
Section
Article
License
Copyright (c) 2020 Bayu Bagaskoro
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals that offer open acces
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).