PENGARUH ATTACHMENT BASED FAMILY THERAPY (ABFT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PESERTA ULIN DIAJAR BABARENGAN (UDIBA) DI DESA LEMBANG KEC. LEMBANG KAB. BANDUNG BARAT

Authors

  • Bayu Bagaskoro

DOI:

https://doi.org/10.31595/biyan.v2i1.246

Abstract

Salah satu masalah sosial yang banyak menjadi perbincangan di Indonesia adalah masalah anak putus sekolah. Hal ini dikarenakan banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya sebagai anak, yaitu hak untuk mendapatkan kasih sayang, hak bermain, hingga hak untuk mendapatkan pendidikan formal, namun sayangnya banyak orangtua yang tidak memenuhi hak anak tersebut, terutama hak untuk mendapatkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh terapi Attachment Based Family Therapy (ABFT) yang berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah anak putus sekolah yang mengikuti kegiatan Ulin Diajar Babarengan (UDIBA) yaitu subyek ER dan DA. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar yang dipengaruhi oleh attachment orang tua. Aspek dalam motivasi belajar yaitu frequensi kehadiran dan intensitas mengerjakan tugas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Single Subjek Desain (SSD). Model penelitian yang digunakan yaitu A-B-A yang terjadi dari tiga fase anatara lain Fase A1 (baseline), Fase b (Intervensi), dan fase A2 (hasil). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengisian angket atau questioner, wawancara tidak terstruktur dan, studi dokumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara perhitungan rumus dua standar deviasi (2SD) dan analisis kecenderungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Attachment Based Family Theapy (ABFT) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar subyek ER dan DA. Jumlah frequensi kehadiran di UDIBA dan intensitas mengerjakan tugas menunjukkan adanya peningkatan. Hasil pengujian melalui dua standar deviasi (2SD) menunjukkan Perbandingan yang signifikanterhadap peningkatan motivasi belajar, kemudian analisis kecenderungan data menunjukkan adanya trend meningkat. Kata Kunci : Attachment Based Family Therapy (ABFT);Motivasi Belajar; Anak Putus Sekolah.

Published

2020-06-29

How to Cite

Bagaskoro, B. (2020). PENGARUH ATTACHMENT BASED FAMILY THERAPY (ABFT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PESERTA ULIN DIAJAR BABARENGAN (UDIBA) DI DESA LEMBANG KEC. LEMBANG KAB. BANDUNG BARAT. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.31595/biyan.v2i1.246

Issue

Section

Article