TEKNOLOGI PENINGKATAN KEMAMPUAN RELAWAN DALAM PEMBERIAN LAYANAN DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TANGGAP BENCANA PROVINSI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31595/biyan.v3i02.439Abstract
Layanan Dukungan Psikososial dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu dan masyarakat yang mengalami gangguan psikologis akibat bencana, dimana bantuan ini dilakukan secara terus menerus dan saling mempengaruhi antara aspek psikologis dan aspek sosial dalam lingkungan dimana individu atau masyarakat berada, yang diberikan kepada individu dan berfungsi sebagai memotivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui dan memahami gambaran mengenai kondisi awal teknologi peningkatan kemampuan Relawan dalam pemberian layanan dukungan psikososial di BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat; 2) merumuskan gagasan model teknologi peningkatan kemampuan Relawan dalam pemberian layanan dukungan psikososial di BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat; dan 3) merumuskan model akhir teknologi peningkatan kemampuan Relawan dalam pemberian layanan dukungan psikososial di BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Sumber data dalam penelitian menggunakan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan wawancara mendalam atau data primer. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah pemeriksaan keabsahan kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan Expert Judgment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Layanan Dukungan Psikososial bagi penyintas ataupun relawan sangatlah penting. Peran utama para relawan sebagai pekerja psikososial tidak kalah pentingnya dalam penanganan masalah psikososial penyintas dalam proses penyembuhan pasca bencana. Namun tidak banyak relawan yang memiliki kemampuan dalam melakukan Layanan Dukungan Psikososial secara teknis, sehingga melalui penelitian ini peneliti mencoba membantu para relawan untuk meningkatkan kemampuan dalam pemberian Layanan Dukungan Psikososial melalui Aplikasi Konsep Layanan Dukungan Psikososial Relawan BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat. Melalui aplikasi ini relawan dapat lebih mudah mempelajari konsep Layanan Dukungan Psikososial kapanpun dan dimanapun, mengingat aktivitas dan kegiatan Relawan BAZNAS Tanggap Bencana yang lebih banyak di lapangan.Downloads
Published
2022-01-02
How to Cite
Octaviany, R. ., Kuswanda, D. ., & Mildawati, M. . (2022). TEKNOLOGI PENINGKATAN KEMAMPUAN RELAWAN DALAM PEMBERIAN LAYANAN DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TANGGAP BENCANA PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 3(02), 110-129. https://doi.org/10.31595/biyan.v3i02.439
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals that offer open acces
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).