Strategi Guru Honorer Wanita dalam Mendukung Work Family Balance di Tengah Minimnya Dukungan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31595/lindayasos.v7i1.1469Keywords:
keseimbangan pekerjaan, keluarga, komunikasi, guru, honorerAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang dilakukan oleh guru honorer wanita dalam mendukung Work Family Balance di tengah minimalnya dukungan sosial dari pasangan dan keluarga di Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yang melibatkan analisis data dari berbagai sumber untuk menghasilkan kesimpulan yang lebih jelas dan fokus pada masalah yang dibahas. Pengumpulan data dilakukan dengan mendapatkan informasi yang relevan terkait variabel penelitian, diikuti dengan analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa fenomena guru honorer wanita di Indonesia, yang mencapai 1,2 juta pada tahun 2024, disebabkan oleh tekanan kerja yang tinggi dan beban domestik yang signifikan, serta minimnya dukungan sosial yang berdampak pada kesejahteraan mereka. Meskipun mereka menerapkan berbagai strategi adaptasi, seperti manajemen waktu dan komunikasi keluarga, kebijakan pemerintah yang belum sepenuhnya mendukung, seperti gaji yang masih di bawah UMK, menjadi tantangan tersendiri. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup perlunya eksplorasi lebih lanjut mengenai pengalaman guru honorer wanita, serta kebijakan pengembangan yang lebih inklusif dan dukungan sosial yang lebih kuat dari masyarakat dan keluarga.
Downloads
References
Abdurrahman, I., & Nurtjahjanti, H. (2018). Hubungan antara Work Family Conflict dengan keterlibatan kerja pada karyawan wanita. Jurnal empati, 6(3), 330-336.
Adetya, S. (2025). Pengaruh Konflik Kerja dan Konfil Keluarga terhadap Kinerja Karyawan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(1), 489-499.
Adjiputra, H. W. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Work Family Conflict Pada Wanita Karir. Psibernetika, 16(1).
Agustiningrum, H., Husein, M., & Subarsa, K. Y. P. (2021). Pola komunikasi dan norma penggunaan internet pada oranf tua terhadap kecanduan anak dalam penggunaan youtube di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 31-42.
Allen, T. D., et al. (2014). Work Family Conflict and health outcomes: A review and agenda for future research. Journal of Occupational Health Psychology, 19(1), 85-108.
Almasitoh, U. H. (2011). Stres kerja ditinjau dari konflik peran ganda dan dukungan sosial pada perawat. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(1).
Almubaroq, I. H. Z. (2024). Jangan main-main dengan pendidikan atau akan lahir generasi mainan. Indonesia Emas Group.
Alwizra, A., Sar'an, S. A., Oktarina, R., Ikhwandri, I., Adrianto, A., & Roza, Y. (2023). KELUARGA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN PADA MASA RASULULLAH. Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 40-49.
Amanda, S., & Salim, A. (2024). Pengaruh Empowering Leadership, Motivasi Kerja Terhadap Resiliensi Guru Honorer. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12).
Anggarwati, P. I., & Thamrin, W. P. (2020). Work family-conflict dan psychological well-being pada ibu bekerja. Jurnal Psikologi, 12(2), 200-212.
Annur, C. M. (2024, February 5). Ini data Pegawai Non-ASN RI 2023, Berapa jumlah guru honorer? Katadata. https://databoks.katadata.co.id/pendidikan/statistik/2b9d787e1726cf2/ini-data-pegawai-non-asn-ri-2023-berapa-jumlah-guru-honorer
Ariana, I. W. J., & Riana, I. G. (2016). Pengaruh Work Family Conflict, keterlibatan kerja dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Doctoral dissertation, Udayana University).
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Liem, J., Sihite, O. B., Alamsyah, V. U., ... & Purwanto, A. (2020). Studi fenomenologi Work Family Conflict dalam kehidupan guru honorer wanita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 180-201.
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Liem, J., Sihite, O. B., Alamsyah, V. U., ... & Purwanto, A. (2020). Studi fenomenologi Work Family Conflict dalam kehidupan guru honorer wanita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 180-201.
Baihaqi, B., & Sari, R. P. (2017). Proses perencanaan dan penganggaran keuangan desa (Studi di desa-desa kecamatan Giri Mulya kabupaten Bengkulu Utara). Jurnal akuntansi, 7(1), 61-76.
Buhali, G. A., & Margaretha, M. (2013). Pengaruh Work Family Conflict terhadap komitmen organisasi: kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(1).
Buyukkececi, Z., Levanon, A., Fasang, A. E., Kraus, V., & Saburov, E. (2025). Women’s work-family trajectories and earnings by ethno-religious groups in Israel: More equality in the public sector?. Advances in Life Course Research, 63, 100659.
Chen, Y., Sun, S., & Liu, X. (2025). The relationship between teacher emotional labor and work/family conflict: The mediating role of teacher-colleague relations. Acta Psychologica, 254, 104832.
Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310-357.
Darmayoga, B., Suwandana, I. K., & Adi, I. M. (2020). Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Work Family Conflict Terhadap Kinerja Karyawan Pada PD. BPR Bank Pasar Bangli. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(2), 150-157.
Data guru - pauddikdasmen. (n.d.). https://dapo.dikdasmen.go.id/guru
Ellya Susilowati. (2020). Praktik Pekerjaan Sosial Dengan Anak (Admiral Nelson Aritonang, Tuti Kartika, Nike Vonika, & Muhammad Ananta Firdaus (eds.)). Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.
Haecal, M. I. F. (2023). The Meaning of al-Hikmah in the Tafsir of Surah Luqman Verse 12: A Comparative Analysis Study of Tafsir Nusantara by Bisri Mustafa and Quraish Shihab. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan …. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/6542
Haecal, M. I. F., Fikra, H., & Darmalaksana, W. (2022). Analisis Fenomena Childfree di Masyarakat: Studi Takhrij dan Syarah Hadis dengan Pendekatan Hukum Islam. The 2nd Conference on Ushuluddin Studies, 8, 73–92. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Haecal, M. I. F., & Rusmana, D. (2022). Historical Conception According To The Natural Malay Tafsir Of Turjuman Al-Mustafad: A Tafsir Study Of The Nusantara. Al-Risalah Jurnal Ilmu …. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_risalah/article/view/28360
Izzan, A., & Haecal, M. I. F. (2024). Local Wisdom in Malay Natural Interpretation “Turjuman Al-Mustafid”: Analysis of Surah Al-Baqarah with a Historical Approach. AlBayan, 22(2), 216–238. https://doi.org/10.1163/22321969-20240151
Mohammad Irfan Farraz Haecal. (2022). DAKWAH RAHMAT LIL AL-ALAMIN AS SOLUTIVE DA’WAH: A STUDY OF THE STUDY OF TAFSIR SCIENCE WITH THE APPROACH OF SHARAH HADITH. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 9(2), 102–119. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181103182540-32-343764/ustaz-abdul-somad-bahas-
Nursyam, H. S., & Susilowati, E. (n.d.). Article review “PENERAPAN TEKNOLOGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT PADA PROGRAM DESA SABILULUNGAN “. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Hilya-Syaviera-Nursyam-2/publication/376610794_Article_review_PENERAPAN_TEKNOLOGI_PENGEMBANGAN_MASYARAKAT_PADA_PROGRAM_DESA_SABILULUNGAN_Hilya_Syaviera_Nursyam_Ellya_Susilowati/links/658076be2f6ce860b3420dec/Article-review-PENERAPAN-TEKNOLOGI-PENGEMBANGAN-MASYARAKAT-PADA-PROGRAM-DESA-SABILULUNGAN-Hilya-Syaviera-Nursyam-Ellya-Susilowati.pdf
Susilowati, E., & Dewi, K. (2019). Cognitive behaviour therapy to overcome trauma of a child sexual abuse victim in Bandung-Indonesia. Asian Social Work Journal. https://msocialwork.com/index.php/aswj/article/view/78
Susilowati, E., Ocktilia, H., & Nainggolan, A. (2023). Social Protection Of Child Victims Of Terrorism Network In Indonesia. … de La Facultad de Geografía e …. https://vegueta.org/pdf/2023/Ellya Susilowati.pdf
Fiaji, N. N. (2021). Eksistensi Bahasa Walikan Sebagai Simbol Komunikasi Pada “Gen Z” di Kota Malang. PENSA, 3(3), 378-385.
Fitriana, A. P., Anggraini, T., Fadila, D., Pambudi, G. S., Hamtina, M. R., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2022). Konflik Kerja Keluarga pada Tenaga Kesehatan Perempuan selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(3), 365-376.
Frone, M. R., Russell, M., & Cooper, M. L. (1992). Antecedents and outcomes of Work Family Conflict: Testing a model of the Work Family Interface. Journal of Applied Psychology, 77(1), 65-86.
Ginanjar, A. S., Primasari, I., Rahmadini, R., & Astuti, R. W. (2020). Hubungan antara Work Family Conflict dan Work Family Balance dengan kepuasan pernikahan pada istri yang menjalani dual-earner family. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(2), 112-124.
Goh, T. S., Nainggolan, J., & Sagala, E. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitasterhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2018. Methosika, 3(1), 515048.
Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. (1985). Sources of conflict between work and family roles. Academy of Management Review, 10(1), 76-88.
Gulo, T. (2025, April 2). Dilema Guru Honorer di Indonesia Halaman 1 - Kompasiana.com. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/tiyarmangulo8212/67ecbed634777c535c0e0bc7/dilema-guru-honorer-di-indonesia
Gunawan, L. R., & Hendriani, W. (2020). Psychological well-being pada guru honorer di Indonesia: A literature review. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 4(1), 105-113.
Handriani, E., & Robiyanto, R. (2019). Institutional ownership, independent board, the board size, and firm performance: Evidence from Indonesia. Contaduría y administración, 64(3).
Hapsari, P. S. D. (2021). Negosiasi dalam Komunikasi Antarpribadi Suami dan Istri Ketika Memutuskan Istri Bekerja Atau Tidak. Jurnal Audiens, 2(1), 119-133.
Hasna, A., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2020). The relationship of self-efficacy and social support on Work Family Balance. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(1), 18-25.
Isanti, A. A., Nadira, S. W., Arif, M., Zulfikar, M., & Inggriani, M. (2024). Analisis Tingkat Stres Pada Karyawan PT Jasa Raharja Tanjungpinang. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 5814-5823.
Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51-62.
Junaidi, R. D., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Komunikasi Keluarga Dalam Menghadapi Disrupsi Teknologi Pada Generasi Digital Native (Studi Kasus 3 Keluarga Tokoh Agama Islam Di Kota Solok). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5537-5543.
Karina, Z., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan.
Komari, N., Sulistiowati, S., Kurniawati, S., Daud, I., Afifah, N., & Giriati, G. (2023). Menciptakan Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Keluarga bagi Pekerja Perempuan (Focus Group Discussion dengan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mempawah). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 64-69.
Kossek, E. E., & Ollier-Malaterre, A. (2009). Flexible work arrangements, Work Family Conflict, and employee well-being: HR’s role. SHRM Foundation.
Lineuwih, I. I., Sariwulan, T., & Fidhayallah, N. F. (2023). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Work Family Conflict Terhadap Burnout Karyawan. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1235-1248.
Maharani, D., & Adriansyah, M. A. (2021). Hubungan penerimaan diri dan dukungan sosial terhadap adaptasi sosial pada anak yang menjadi korban perceraian orang tua. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 909.
Mahendra, A. (2024, December 1). Jumlah guru honorer masih tinggi, tantangan besar bagi pendidikan Indonesia - klik Pendidikan. Jumlah Guru Honorer Masih Tinggi, Tantangan Besar Bagi Pendidikan Indonesia - Klik Pendidikan. https://www.klikpendidikan.id/news/35814060004/jumlah-guru-honorer-masih-tinggi-tantangan-besar-bagi-pendidikan-indonesia
Marettih, A. K. E. (2013). Work Family konflik pada ibu bekerja (Studi Fenomologi dalam Perspektif Gender dan Kesehatan Mental). Sosial Budaya, 10(1), 27-37.
MarlinaSSi, G. (2025, January 5). Tahun 2025, Dapodik Dikunci: Dampak bagi Guru Honorer dan Solusi yang Dapat Dilakukan. - Suara Nanggroe. Tahun 2025, Dapodik Dikunci: Dampak Bagi Guru Honorer Dan Solusi Yang Dapat Dilakukan. - Suara Nanggroe. https://www.suarananggroe.com/nasional/76714280346/tahun-2025-dapodik-dikunci-dampak-bagi-guru-honorer-dan-solusi-yang-dapat-dilakukan
Masita, T. S., Delyara, D. A., Fernando, M. L., Himmawan, G., & Claudianty, G. S. (2019). Work Family Conflict dan work-life balance pada prajurit wanita TNI AL di Surabaya. Jurnal Fenomena, 28(1), 39-44.
Megawanti, P. (2017). Hubungan budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan komitmen organisasi guru honorer. Sosio e-kons, 6(1).
Meiza, C. (2016). Perbedaan kebahagiaan pada guru berstatus PNS dan honorer. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(2), 97461.
Merdja, J., & Seto, S. (2020). Pengaruh Pemberian Gaji Terhadap Motivasi Kerja dan Profesionalisme Guru Honor. Pedagogika, 11(1), 42-48.
Minnatika, A. (2024). Hubungan konflik peran ganda (Work Family Conflict) dengan kualitas kehidupan kerja pada karyawan wanita di Desa Ngembal Kulon (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Mustary, E., Abd Halim, K., & Fitriana, A. D. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dan Keseimbangan Kerja-Keluarga Pada Dosen Perempuan. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 4(2).
Nurmayanti, S., & PROMOTOR, H. I. T. (2014). Konflik Pekerjaan-Keluarga Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Guru (Studi pada Guru Wanita Sekolah Menengah di Kota Mataram). Disertasi. Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Oktafiana, R., Fathiyani, F., & Musdalifah, M. (2020). Kebijakan kesejahteraan guru terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Mappesona, 3(3).
Perdana, R. K. (2024, May 24). Hasil Survei Rata-rata Gaji Guru Honorer di Indonesia pada 2024, Mayoritas di Bawah Rp2 Juta. Data Indonesia: Data Indonesia for Better Decision. Valid, Accurate, Relevant. https://dataindonesia.id/berita/detail/hasil-survei-ratarata-gaji-guru-honorer-di-indonesia-pada-2024-mayoritas-di-bawah-rp2-juta
Permanasari, R., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Work Family Conflict, Family Work Conflict Terhadap Stres Kerja Dosen Perempuan Upn Veteran Jatim. Manajemen Bisnis-MEBIS, 1(2).
Permatasari, Z. I., & Mulyana, O. P. (2023). Hubungan Work Family Conflict Terhadap Life Satisfaction Pada Pekerja Wanita. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 560-574.
Pietra, J. L., & Suganda, M. T. (2021). Kesehatan Mental Pekerja Perempuan Urban Milenial di Era Pandemi COVID-19: Studi Eksploratif Konektivitas Antara Norma Jender Tradisional dan Produktivitas Kerja. Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan, 168-178.
Putri, K. S., Mahendra, V. P., & Artiawati, A. (2023). Hubungan Konflik Kerja-Keluarga dan Kesejahteraan Psikologis pada Pekerja yang Menjalani Hubungan Pernikahan Jarak Jauh. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profession), 7(2), 69-81.
Rahmi, T., Febriani, U., & Dita, I. A. (2023). Dukungan sosial pasangan dan Work Family Conflict pada guru honorer wanita. Causalita: Journal of Psychology, 1(2), 150-159.
Rastika, I. (2024, May 21). Survei IDEAS: Penghasilan 74 Persen Guru Honorer di Bawah Rp 2 Juta. KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2024/05/21/14532121/survei-ideas-penghasilan-74-persen-guru-honorer-di-bawah-rp-2-juta
Risyanah, J. (2023). Hubungan antara Work Family Conflict dan dukungan rekan kerja dengan burnout pada karyawan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Roboth, J. Y. (2015). Analisis Work Family Conflict, stres kerja dan kinerja wanita berperan ganda pada Yayasan Compassion East Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3.
Rozana, A., & Purnama, H. (2022). Work Family Conflict pada pekerja wanita era modern. Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(1), 128-139.
Sabarua, J. O., & Mornene, I. (2020). Komunikasi keluarga dalam membentuk karakter anak. International Journal of Elementary Education, 4(1), 83-89.
Saputri, H. G., Lathifah, H., Fathika, N. S. H., Hasna, R. A., & Maharani, S. N. (2024). Pemaknaan Work Family Balance pada Ibu Bekerja: Studi Kualitatif Fenomenologi.
Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interactions (5th ed.). John Wiley & Sons.
Sari, I. K., Farha, T. R., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Dengan Stress Kerja Sebagai Mediasi. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 13(1), 51-59.
Setyanto, F. A., & Wardani, L. M. I. (2025). Wanita Karier: Pekerjaan atau Keluarga?. Penerbit NEM.
Small, E., Nikolova, S. P., Nahar, S., & Ombayo, B. (2024). Female teachers' experiences: Unraveling the nexus of gender violence, health, education, and cultural norms. Social Sciences & Humanities Open, 10, 101029.
Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis karakteristik sains teknologi masyarakat (STM) sebagai model pembelajaran: sebuah studi literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Suharmoko, S. (2019). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(2), 311-323.
Sun, M., Kraus, T., Pauli, R., & Garus, C. (2025). Changing Sense of Place in Hybrid Work Environments: A Systematic Review of Place Identity and Employee Well-being. Wellbeing, Space and Society, 100236.
Syamsuddin, A. B. (2018). Cahaya Hidup Pengasuhan Keluarga (Fungsionalisme Struktural dan Interaksionisme Simbolik). BuatBuku. com.
Tempo.Co, & Lestari, N. H. (2023, July 13). Mengenal Apa itu Guru Honorer? Ini Hak dan Kewajibannya. Tempo. https://www.tempo.co/politik/mengenal-apa-itu-guru-honorer-ini-hak-dan-kewajibannya--167214
Trisnawati, I. (2021). Pengaruh Dukungan Pasangan Dan Dukungan Rekan Kerja Terhadap Work-to-family Enrichment Pada Wanita Dual Karir (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Voydanoff, P. (2004). The implications of Work Family Balance for individuals, families, and organizations. Journal of Marriage and Family, 66(5), 1201-1219.
Wahyono, J. (2013). Sekolah Kaya Sekolah Miskin Guru Kaya Guru Miskin. Elex Media Komputindo.
Wardana, M. R. F., & Solehudin, R. H. (2024). Peran Dukungan Publik dalam Kesejahteraan Guru Honorer: Studi Kasus Strategi Kebijakan Pendidikan di Jakarta Pusat. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 46-56.
Wardani, L. M. I., & Hapsari, S. A. (2022). Religiosity, Burnout, dan Work Family Conflict pada Tenaga Kesehatan. Penerbit NEM.
Wibawana, W. A. (2023, March 17). Mengenal Apa Itu Guru Honorer dan Bedanya dengan Guru Tetap. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-6625418/mengenal-apa-itu-guru-honorer-dan-bedanya-dengan-guru-tetap
Wulandari, R. E. (2021). Pengaruh Work Family Conflict, Hardiness, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Kerja Pada Wanita (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Yoanita, D. (2022). Pola Komunikasi Keluarga Di Mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33-42.
Yulianti, C. (2024, May 21). Survei: 74% Guru Honorer Punya Gaji di Bawah UMK, Sampai Utang untuk Hidup. Detikedu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7350939/survei-74-guru-honorer-punya-gaji-di-bawah-umk-sampai-utang-untuk-hidup
Yulianti, Y., & Astuti, M. T. (2023). Komunikasi keluarga sebagai sarana keharmonisan keluarga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4609-4617.
Yusnita, R. T., & Nurlinawaty, R. (2022). Bagaimana Stres Kerja Dan Work Life Balance Pada Pekerja Wanita Memediasi Work Family Conflict Dengan Prestasi Kerja?. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(3), 257-269.
Zaenuddin, M. (2024, November 28). Tunjangan Guru Honorer Naik Rp 2 Juta Per Bulan pada 2025, Ini Syaratnya. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2024/11/28/213000265/tunjangan-guru-honorer-naik-rp-2-juta-per-bulan-pada-2025-ini-syaratnya
Zakiyyah, I. (2025). Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam perspektif total quality management (studi kasus islamic development network dan bina qur’ani).
Zhang, X. (2025). A Literature Review on Work Family Balance among Married and Childbearing Female Teachers in Chinese Universities. Journal of Integrated Social Sciences and Humanities, 1-14.
Zulfatunnisa, S. (2022). Pentingnya Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 199-213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Annisa Rahmadhani, Yani Achdiani, Sarah Nurul Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Author(s) who published in this journal agree to following terms:
- Author(s) must understand and agree that the copyright script in published owned by the Jurnal Ilmiah Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial. The copyright includes reproducing and selling the manuscript to all parties.
- Everyone can cite every manuscript published in Jurnal Ilmiah Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial for educational purposes, with the author's name and the Jurnal Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial on reference.