PELATIHAN DETEKSI DINI PERKEMBANGAN ANAK BAGI GURU PAUD

Authors

  • Hanna Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Herlina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tina Hayati Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • M.I.F Baihaqi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Lira Fessia Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ismawati Kosasih Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31595/janaseva.v2i1.1394

Keywords:

Deteksi dini, Perkembangan anak, Pelatihan

Abstract

Usaha untuk mendukung perkembangan anak secara optimal sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Guru PAUD yang merupakan tonggak awal pendidikan seorang anak perlu mempunyai kompetensi untuk dapat mendeteksi perkembangan anak didiknya sehingga dapat memberikan pendidikan yang tepat untuk mencegah masaah perkembangan anak di kemudian hari maupun meningkatkan potensi positif anak. Oleh karena itu, kami melakukan pelatihan deteksi dini perkembangan anak terhadap guru PAUD. Pelatihan ini dilakukan dalam dua mode, yaitu secara daring dan luring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan deteksi dini memiliki pengaruh yang siginfikan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD mengenai deteksi dini perkembangan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Bronfenbrenner, U., & Morris, P.A. (2006). Bioecological model of human development. Dalam R.M. Lerner. (Penyunting), Handbook of child psychology, 6th ed., vol.1: Theoretical models of human development. (hlm. 793-828). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

. Havighurst, R. J. (1972). Developmental Tasks and Eduction. David McKay.

. Hurlock, E. B. (1980). Developmental psychology; A Life-Span Approach (5th ed.). McGraw-Hill

. Husain, A., Irmawati, I., & Paus, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-21.

. Mustikawati, N., & Kamilah, A. D. (2020). Studi Deskriptif Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (Sdidtk) Anak Di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pimpinan Cabang Aisyiyah (Pca) Pekajangan. Prosiding University Research Colloquium, 488–493. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/123

. Nurhayatun, A. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (Tesis).

. PAUD Jateng (2015). Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki Pendidikan PAUD. Materi Diklat PAUD Online. Diakses dari https://www.paud.id/kompetensi-yang-harus-dimiliki-pendidik-paud/ 18 Maret 2024.

. Permendikbud RI Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

. Sum, T.A. (2019). Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, dalam Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, vol.2, no. 1, Januari 2019.

. Suryaningrum, C., Ingarianti, T.M., Anwar, Z. (2016). Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kota Malang, dalam Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan JIPT, vo.04, no.01, Januari 2016.

. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Hanna, Herlina, Tina Hayati Dahlan, M.I.F Baihaqi, Lira Fessia Damaianti, & Ismawati Kosasih. (2025). PELATIHAN DETEKSI DINI PERKEMBANGAN ANAK BAGI GURU PAUD . Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Pekerja Sosial, 2(1). https://doi.org/10.31595/janaseva.v2i1.1394

Issue

Section

Articles

Citation Check